INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
a)
Kisi-Kisi Soal Preetest Pilihan Ganda
Indikator
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||
3.3.1. Mendeskripsikan ciri-ciri
virus.
|
v
|
3
|
|||||
3.3.2. Membedakan replikasi
virus secara litik dengan lisogenik.
|
V
|
1
|
|||||
3.3.3. Menjelaskan peranan
virus dalam kehidupan sehari-hari.
|
V
|
1
|
|||||
Jumlah
|
5
|
Rubrik Soal Pretest
1.
Virus dapat dimasukkan ke dalam golongan makhluk hidup
karena memiliki ciri...
a.
tidak melakukan respirasi
b.
tubuhnya tersusun atas sel
c.
tubuhnya berbentuk T
d.
dapat
berkembang biak
e.
dapat dikristalkan
2.
Virus merupakan makhluk
peralihan antara makhluk hidup dengan benda mati. Alasan yang tepat untuk mengatakan
virus benda mati adalah...
a. Dapat dikristalkan
b.
Memiliki protoplasma
c.
Memiliki DNA/RNA dan kapsid
d.
Dapat bergerak
e.
Dapat bereplikasi dalam sel
hidup
3. Perhatikan
gambar virus T berikut ini !
Dibawah
ini beberapa sifat mikroorganisme.
1) Tubuhnya
hanya terdiri dari DNA atau RNA saja
2) Berkembang
biak dengan membelah diri
3) Hanya
dapat berkembang biak di dalam sel hidup
4) Bentuk
seperti bola atau batang
5) Dapat
membentuk kristal
6) Hidup
secara koloni atau soliter
Sifat yang
dimiliki oleh virus adalah…
a. 1, 2
dan 3
b.
1, 3
dan 5
c. 1, 4
dan 6
d. 2, 3
dan 5
e. 2, 4
dan 6
4. Pernyataan yang benar yang berhubungan dengan tahap penetrasi adalah…
a.
Virus menempel ke dalam DNA bakteri
b. DNA virus
mengendalikan DNA bakteri kemudian membentuk DNA virus dan protein yang baru.
c. Proses penggandaan tubuh virus dengan memerlukan materi organik dan
anorganik yang diambil dari lingkungan
d. Proses perubahan bentuk virus dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang
lebih kompleks
e. Pembentukan virion-virion virus baru dengan cara menggabung-gabungkan
organel sel inang
5. Jenis Virus Tungro mnyerang jenis tanaman....
a. Jeruk
b.
Padi
c. Tembakau
d. Tomat
e. Pohon apel
b) Kisi-kisi Soal Postest Uraian
Indikator
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||
3.3.1. Mendeskripsikan
ciri-ciri virus.
|
V
|
3
|
|||||
3.3.2. Membedakan replikasi
virus secara litik dengan lisogenik.
|
V
|
1
|
|||||
3.3.3. Menjelaskan peranan
virus dalam kehidupan sehari-hari.
|
V
|
1
|
|||||
Jumlah
|
5
|
Rubrik Soal Postest Uraian
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Setelah mempelajari materi mengenai virus, sebut ciri- ciri virus ?
(SKOR 25)
|
Virus bersifat
aseluler (tidak mempunyai sel), Virus berukuran amat kecil , jauh lebih kecil
dari bakteri, yakni berkisar antara 20 mµ - 300mµ (1 mikron = 1000
milimikron). untuk mengamatinya diperlukan mikroskop elektron yang
pembesarannya dapat mencapai 50.000 X, Virus hanya memiliki salah satu macam
asam nukleat (RNA atau DNA), Virus umumnya berupa semacam hablur (kristal)
dan bentuknya sangat bervariasi. Ada yang berbentuk oval , memanjang,
silindris, kotak dan kebanyakan berbentuk seperti kecebong dengan
"kepala" oval dan "ekor" silindris, virus memiliki
lapisan protein yang disebut kapsid, Virus hanya dapat berkembang biak di sel
hidup lainnya. Seperti sel hidup pada bakteri, hewan, tumbuhan, dan sel hidup
pada manusia, Virus tidak dapat membelah diri, Virus tidak dapat diendapkan
dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan.
|
25
|
Mampu menyebutkan 4 ciri-ciri virus
|
15
|
||
Menyebutkan ciri-ciri virus kurang dari 4
|
10
|
||
Jawaban tidak sesuai materi
|
5
|
||
2.
|
Sebut dan jelaskan struktur tubuh
virus melalui gambar! (SKOR 25)
|
Peserta didik dapat menjelaskan struktur tubuh virus
melalui gambar
|
25
|
Peserta
didik dapat menggambar namun tidak dapat memberi keterangan
|
5
|
||
3.
|
Bandingkan daur
litik dan lisogenik pada replikasi virus! (SKOR 20)
|
GAMBAR dan perbedaan
Gambar dan perbedaan yang kurang
tepat
Siklus/daur
litik
a) Waktu relatif singkat
b) Menonaktifkan bakteri
c) Berproduksi dengan bebas tanpa
terikat pada kromosom bakter
Siklus/daur
lisogenik
· Waktu relatif lama
· Mengkominasi materi genetic
bakteri dengn virus
· Terikat pada kromosom bakteri
|
20
10
5
5
|
4.
|
Jelaskan 3 peranan virus yang menguntungkan bagi
kehidupan sehari-hari!
(SKOR 15)
|
Menjelaskan
satu peranan virus yang menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan
dua peranan virus yang menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan
lebih dari dua peranan virus yang menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari
|
5
10
15
|
5.
|
Jelaskan 3 peranan virus yang merugikan bagi kehidupan
sehari-hari!
(SKOR 15)
|
Menjelaskan
satu peranan virus yang merugikandalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan
dua peranan virus yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan
lebih dari dua peranan virus yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
|
5
10
15
|
Terima kasih.. bisa digunakan untuk menilai pengetahuan siswa..
ReplyDelete